Empal Gentong Menjadi Wisata Kuliner Di Kota Cirebon


Empal Gentong Menjadi Wisata Kuliner Di Kota Cirebon

Empal gentong merupakan salah satu makanan yang sangat khas dari masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip sekali dengan yang nama nya gulai dan juga makanan ini dimasak dengan menggunakan kayu bakar menggunakan pohon mangga dan di dalam gentong terbuat dari periuk tanah liat. Daging yang digunakan merupakan usus, babat dan daging juga sapi. Empal gentong itu sendiri berasal dari desa di Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Nama dari empal gentong itu sendiri memang sesuai dengan bahannya utama racikan hidangan berkuah yang berasal dari cirebon ini. Nama empal itu sendiri menunjukkan bahan utamanya memang berasal dari daging sapi dengan sedikit lemak sapi. Sedangkan sebutan dari gentong untuk menunjukkan dari proses memasaknya menggunakan dari kuali atau periuk dari tanah liat.

Istilah dari empal yang berasalah dari Cirebon ini merupakan sebuah gulai, bukan gepuk atau pun dendeng. Kenapa disebut demikian karena empal gentol dimasak paling cepat selama lima jam dalam gentong atau dengan kuali menggunakan bahan bakar yang khusus, yaitu dengan menggunakan kayu yang berasal dari pohon asam atau mangga. Hal itu berguna untuk dapat menciptakan rasa dan tingkat keempukan daging yang pas dan nikmat. Dengan cara memasak dengan menggunakan kuali ini sudah dilakukan secara turun temurun. Wadah yang berasal dari tanah liat yang sudah dipakai selama bertahun-tahun akan memberi sentuhan rasa sedap yang tiada tara tentunya. Karena yang membuat rasanya nikmat adalah kerak bumbunya yang sudah mengendap di pori-pori tanah liat tersebut.

Selain memasaknya dengan menggunakan kayu bakar dan gentong yang berasal dari tanal liat empal gentong ini disajikan dengan daun kucai dan dengan sambal yang berasal dari cabai kering yang giling. Sambal empal gentong ini sangatlah pedas sekali karena merupakan berasal dari saripati cabai merah kering yang kemudian ditumbuk atau pun di giling. Empal gentong juga dapat disajikan dengan menggunakan nasi panas atau juga bisa juga dengan lontong. Lontong juga menurut orang-orang di cirebon hanyalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang dibentuk silinder,lontong tersebut  tidak ada campuran lainnya selain hanya beras saja, kemudian lontong direbus selama 4 jam lamanya.

Nah artikel kali ini akan memberikan rekomendasi tempat yang menjual empal gentong yang lexat di Cirebon yang mungkin saja menjadi salah satu wisata kulier kalian pada saat berlibur di kota Cirebon.

1.      Empal amarta
Bagi kalian para pecinta empal gentong Cirebon, kalian wajib mampir dan mencicipi yang namanya Empal Amarta. Kuliner lezat yang satu ini dapat kalian ditemukan di Jalan Raya Battembat, Kabupaten Cirebon ini ternyata telah sudah berdiri sejak tahun 1997. empal amarta ini sebuah tempat wisata kuliner yang sangat melegenda, empal gentong ini sangat ramai sekali dikunjungi di saat hari libur maupun pada saat lebaran. Buat kalian jika ingin menikmati kuliner ini, sudah dapat dipastikan akan mengantre dalam waktu yang cukup lama. Sajian kuliner empal gentong Cirebon bisa kalian nikmati mulai dari pukul 09.00 sampai dengan 20.30.

2.      Empal gentong ibu darma
Empal Gentong Ibu Darma ini bertempat di Jalan Diponegoro, Cirebon. Empal genton ibu darma ini dapat dibilang, menjadi empal gentong legendaris. Bahkan, cita rasa dari empal nya tidak berubah dari masa ke masa. Dan menariknya lagi, selain memiliki scita rasa yang angat enak, empal gentong ibu darma ini juga mampu membuat berkeringat karena dengan kuahnya yang sangat segar.

3.      Empal krucuk
Jika kalian sangat ingin mencicipi empal gentong Cirebon, kalian dapat menuju ke Jalan Krucuk, Cirebon yang juga menjadi salah satu primadona bagi para warga Cirebon dan warga luar yang berkunjung ke Cirebon. Bahkan, lokasi dari empal krucuk ini sangat strategis sehingga tidak heran jika empal krucuk ini  menjadikan sebagai pilihan bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan ke Cirebon untuk mencicipi empal gentong yang lezat di kota Cirebon. Empal Krucuk yang juga merupakan salah satu bagian dari empal gentong Cirebon ini buka mulai pukul 07.00 sampai dengan 21.00.


Belum ada Komentar untuk "Empal Gentong Menjadi Wisata Kuliner Di Kota Cirebon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel