Opsi Liburan Privasi Kala Pandemi Covid-19

Opsi Liburan Privasi Kala Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 memunculkan berbagai pergeseran dalam sektor pariwisata, termasuk perhotelan. Turut beradaptasi dengan masa pandemi, tak sedikit wisatawan yang memilih untuk liburan privasi dengan menginap di vila.

Sales Manager Amarterra Villas Bali Nusa Dua I Made Pradnyana, menyebut di pandemi Covid-19 ini tingkat hunian memang didominasi pasar domestik. Hal tersebut mengingat penerbangan internasional masih ditutup.

"Domestik prefer ke vila karena lebih privacy, aman, dan lebih bersih, seperti di Amarterra private villa, private pool dengan new normal protocol. Tamu datang bisa check-in langsung di vila, breakfast, dan dinner di vila," kata Made saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, 3 Desember 2020.

Seperti bisnis hospitality lainnya, vila dengan layanan bintang lima ini juga mengalami penurunan tingkat hunian di awal pandemi. Dikatakan Made, sebelumnya, vila yang berada di kawasan Nusa Dua tersebut didominasi tamu dari Amerika Serikat, Korea, dan Australia.

Sedangkan untuk pasar domestik angkanya sangat kecil, hanya sekitar lima persen. Namun karena masa pandemi, dengan border yang ditutup, Made mengatakan, sekitar April hingga Mei angka tingkat hunian sangat rendah.

"Tapi saya dengan director, sales, mau enggak mau shifting market. Kita ganti strategi di awal yang promosi ke luar negeri, sekarang di-push untuk domestik," tambahnya,

Meski tidak ter-cover dengan okupansi di awal yang rata-rata di tahun lalu sekitar 70--80 persen, kini pasar domestik ada peningkatan di Oktober hingga November 2020 sekitar 30--40 persen.

"Di awal April dan Mei benar-benar suffer, kita bisa sampai 3--5 persen. Juni mulai masuk domestik sekitar 10--15 persen walaupun tidak banyak, tapi at least bisa membantu cash flow hotel itu sendiri," jelasnya.

Sebelum pandemi, untuk harga, vila ini mengikuti pasar itu sendiri. Namun strategi berubah dengan menurunkan harga dan promosi besar-besaran di media sosial hingga 50 persen off.

"Domestik suka dengan complimentary, kita tambahkan itu. Ada floating breakfast, late check-out dan lainnya. Sebelum pandemi kita ada minimal two night stay, kalau sekarang satu malam sudah bisa stay di kita," ungkap Made.

Belum ada Komentar untuk "Opsi Liburan Privasi Kala Pandemi Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel