Nuansa Pegunungan di Tahura Sultan Adam Mandiangin


            Tahura Sultan Adam Mandiangin merupakan salah satu obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dengan kota, 45 km dari pusat Kota Banjarmasin dan sekitar 15 km dari Kota Banjarbaru. Tempat tersebut selalu dikunjungi oleh berbagai macam orang dengan tujuan yang berbeda-beda, dari sekedar refresing sampai para organisasi kegiatan di alam.

            Kawasan yang menawarkan keindahan dan kesejukan alam pegunungan tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Tempat tersebut tidak hanya menawarkan keindahan alam pegunungan saja, tapi juga menawarkan aliran sungai, mata air pegunungan yang mengalir jernih, dan beberapa air terjun. Tahura Sultan Adam tersebut juga terdapat situs peninggalan Belanda yaitu Benteng Belanda. Benteng tersebut berada di puncak Tahura.Untuk bisa sampaike puncak, pengunjung tidak perlu berjalan kaki karena bisa kalian tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Disepanjang jalan menuju ke puncak, banyak pengunjung dari segala usia yang singgah dipinggir jalan sambil bercengkrama menikmati pemandangan yang indah kian tampak jelas, tapi bagi pengunjung yang ingin berjalan kaki dapat melewati jalan setapak bersemen yang menanjak disekitar kolam Belanda.

            Dikawasan Tahura tersebut juga terdapat beberapa air terjun. Air terjun pertama dapat kalian lihat jika kalian melalui jalan setapak menanjak yang sudah disemen di dekat kolam Belanda, airnya yang jernih dan menyegarkan membuat para pengunjung ramai ingin bermain dan berendam sepuasnya, lokasi tersebut juga mempunyai view yang bagus untuk obyek fotografi, tak jarang para fotografer menjadikan lokasi tersebut sebagai lokasi favotit mereka untuk mengexplore alam. Air terjun yang kedua juga masih disekitar kolam Belanda, tapi para pengunjung harus menuruni anak-anak tangga yang terdapat didekat warung-warung disekitar kolam Belanda. Sekitar 5 menitan kalian menuruni anak tangga tersebut kalian akan disuguhkan dengan irama percikan air dan segarnya air pegunungan, disekitar air terjun tersebut juga terdapat gajebo buat kalian yang ingin bersantai. Dan jika kalian turun lagi menuruni anak tangga sekitar 5 menitan dari air terjun tersebut kalian akan menyaksikan rusa di penangkaran rusa Mandiangin, disana juga terdapat rumah panggung yang disekitarnya dipenuhi deretan pohon pinus yang sangat indah.


            Fasilitas-fasilitas yang ada di Tahura Sultan Adam juga sudah cukup banyak untuk menunjang kebutuhan pengunjung diantaranya:
  • terdapat warung-warung kecil yang menjual beraneka makanan dan minuman dan tetap buka pada malam hari jika ada acara perkemahan, 
  • terdapat area bermain untuk anak-anak walaupun belum begitu banyak tapi akan tetap menyenangkan karena berada di bawah rimbun pepohonan yang jarang ditemui diperkotaan., 
  • terdapat area untuk berkemah dikarenakan Tahura Sultan Adam merupakan salah satu tempat berkemah andalan di Kabupaten Banjar, 
  • tersedia beberapa kamar mandi dan WC bagi para pengunjung yang berkemah, terdapat pos keamanan di pintu masuk kawasan Tahura, 
  • ada papan keterangan obyek wisata berguna untuk menerangkan dengan jelas setiap area didalamnya seperti tempat flying fox, penangkaran rusa, kolam Belanda dan lainnya. 
  • terdapat tempat ibadah bagi pengunjung yang beragama islam, 
  • dan terakhir terdapat tempat parkir yang luas dan teduh jadi kalian nggak usah kalau nanti kendaraan kalian akan kehujanan ataupun kepanasan.
Untuk dapat menikmati fasilitas-fasilitas tersebut kalian hanya perlu menbayar biaya masuk sebesar Rp.5000. Cukup murah kan guys, jadi ayo berkunjung ke Tahura Sultan Adam. Eitsh tapi jika kalian berkunjung ke Tahura Sultan Adam kalian jangan lupa membuang sampah pada tempatnya agar alam kita Indonesia tetap cantik dan indah.

Belum ada Komentar untuk "Nuansa Pegunungan di Tahura Sultan Adam Mandiangin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel