Air Terjun Haratai




            Satu lagi nih guys obyek wisata alam di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Air Terjun Haratai. Air Terjun Haratai terletak di Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.

            Air Terjun Haratai tersebut memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan mempunyai tiga tingkatan. Debit airnya cukup besar dan arusnya juga cukup deras sehingga sulit sekali bagi kalian yang ingin berenang di sekitar air terjun, tapi tenang saja dibawah air terjunnya terdapat telaga yang dapat kalian gunakan untuk mandi atau sekedar berendam. Bagi kalian yang ingin mandi, pengelola wisata telah menyediakan ban karet untuk pengunjung. Bagi kalian yang nggak ingin berenang di jernihnya Air Terjun Haratai tersebut kalian bisa berfoto dengan background air terjun tersebut.

            Disana juga sudah disediakan beberapa fasilitas seperti gazebo besar, WC, jembatan, dan tangga khusus. Jika dari perkampungan warga jarak menuju Air Terjun Haratai hanya sekitar 1 km, namun jika dari pusat kecamatan sekitar 9 km, dari kota kandangan sekitar 50 km, dan jika dari Kota Banjarmasin berjarak sekitar 185 km. Bagi kalian yang ingin menggunakan angkutan umum, sebaiknya memilih angkutan umum yang menuju Kota Kandangan, selanjutnya dari Kota Kandangan menuju Loksado dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Sesampainya di Loksado perjalanan akan dilanjutkan ke Desa Haratai yang berjarak sekitar 20 km, dari Loksado menuju obyek wisata Air Terjun Haratai hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua. Medan yang akan kalian lalui juga cukup ekstrem. Bagi kalian yang tidak membawa kendaraan, kalian bisa menyewa motor atau menggunakan jasa ojek motor. Untuk ongkos ojek pulang pergi (PP) sama dengan ongkos sewa sepeda motor, yaitu sebesar Rp.80.000/sekali jalan.

            Lokasi parkir kendaraan menuju air terjun berjarak sekitar 100 meter. Dari lokasi parkir kalian harus berjalan kaki dan melewati jembatan gantung hingga mencapai loket. Untuk masuk ke lokasi obyek wisata Air Terjun Haratai tersebut, kalian harus membayar biaya retribusi dahulu sebesar Rp.5.000/orang. Setibanya dilokasi air terjun tersebut kalian akan terkagum-kagum dengan keindahannya. Lokasi obyek wisata Air Terjun Haratai tersebut dibuka setiap hari mulai jam 07.00 sampai jam 17.00 WITA.

Belum ada Komentar untuk "Air Terjun Haratai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel