Rekomendasi Wisata Bersejarah di Jakarta, Seru Nih!


Rekomendasi Wisata Bersejarah di Jakarta, Seru Nih!
Ada banyak sekali tempat wisata yang tersebar di Indonesia mulai dari wisata alam, wisata bahari, wahana permainan dan sebagainya. Mengunjungi lokasi yang menyenangkan tentu sudah biasa dan sering dilakukan ketika akhir tahun atau musim liburan tiba. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba berwisata sejarah untuk menambah wawasan.

Wisata sejarah sangat bagus untuk menambah wawasan atau pengetahuan. Ya, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai latar belakang tempat tersebut termasuk tokoh-tokoh yang ada di dalamnya. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki tempat bersejarah yang menarik untuk ditelusuri.

Salah satu kota yang bisa Anda kunjungi adalah Jakarta. Meskipun memiliki banyak wisata alam hingga modern yang populer tetapi Jakarta juga memiliki berbagai wisata bersejarah. Apa saja sih?

1.Museum Fatahillah


Jika Anda berwisata ke Kota Tua, Anda bisa mengunjungi Museum Fatahillah. Dulu, bangunan ini merupakan balai kota Batavia dan dibangun pada tahun 1707-1712 atas perintah Gubernur-Jenderal Joan van Hoorn. Bangunan ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah pada 30 Maret 1974.

Di Museum Fatahillah, Anda bisa menemui berbagai objek menarik seperti perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta hingga mebel antik. Selain itu, ada juga berbagai koleksi tentang kebudayaan Betawi, numismatik, dan becak.

2.Museum Bahari


Selanjutnya ada Museum Bahari. Di tempat ini, Anda bisa mengetahui informasi tentang sejarah dunia maritim dan pengaruhnya ke ekonomi di Indonesia. Pada masa Belanda bangunan ini dulunya adalah gudang untuk menyimpan, memilih dan mengepak hasil bumi seperti rempah, kopi, teh, tembaga, timah, dan tekstil.

Di Museum Bahari, Anda bisa melihat beragam koleksi terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Ada juga peralatan yang digunakan oleh pelaut pada masa lalu seperti alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam.

3.Monumen Nasional


Monumen Nasional alias Monas menjadi salah satu wisata tujuan saat berkunjung ke Jakarta. Monumen peringatan setinggi 132 meter ini dibangun untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia pada saat merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. 

Anda bisa naik ke atas puncak Monas untuk melihat keindahan kota Jakarta. Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Museum Sejarah Nasional Indonesia. Lokasi Museum ini cukup dekat dengan lift ke puncak Monas, tepatnya berada di bawah Tugu Monas. Ada juga diorama yang menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa orde baru.

4.Museum Kebangkitan Nasional


Museum Kebangkitan Nasional adalah museum bersejarah yang dibangun sebagai monumen tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional. Sebelum menjadi museum, bangunan ini dulunya merupakan sekolah kedokteran yang didirikan oleh Belanda dengan nama School tot Opleiding van Inlandsche Artsen disingkat STOVIA.

Di Museum ini, Anda bisa menyaksikan ruang kelas dan laboratorium, asrama, tempat olahraga, kantin, dapur, dan aula. Ada juga ruangan perpustakaan yang dikelola oleh Komunitas Buku Berkaki. Perpustakaan itu mengoleksi ribuan buku anak-anak. Tersedia berbagai koleksi museum dengan total 2.042 buah yang terdiri dari bangunan, mebel, jam dinding, gantungan lonceng, perlengkapan kesehatan, pakaian, senjata, foto, lukisan, patung, diorama, peta/maket/sketsa, dan miniatur.

Untuk yang berada di wilayah Surabaya, Anda bisa menuju Jakarta melalui jalur udara agar cepat sampai dalam waktu yang singkat. Ada baiknya untuk membeli tiket pesawat surabaya jakarta melalui online agar lebih mudah dan efisien.





Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Wisata Bersejarah di Jakarta, Seru Nih!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel